BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kemajuan peradaban telah
menciptakan pola hidup praktis, cepat, dan instan yang sangatberpengaruh
terhadap kesehatan dan kebugaran jasmani. Kegiatan sehari-hari yang menggunakan
sebagian kecil anggota tubuh saja dengan usaha minimal, termasuk makan makanan
siap saji, adalah pola hidup yang terjadi akibat kemajuan peradaban. Kenyataan
ini sangat perlu diimbangi dengan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya
kebugaran dan kesehatan jasmani, yang telah dirumuskan dalam kompetensi
keterampilan Kurikulum 2013 yaitu memiliki kemampuan pikir dan tindak yang
produktif dan kreatif dalam ranah konkret dan abstrak, sebagai arahan akan
pentingnya kesadaran atas kebugaran dan kesehatan jasmani.
Atletik merupakan aktivitas jasmani yang terdiri dari gerakan-gerakan
dasar yang dinamis dan harmonis, yaitu jalan, lari, lompat, dan lempar. Perlombaan dalam atletik memerlukan taktik dan
strategi dalam memenangkan pertandingan.
Taktik dan strategi dalam perlombaan atletik terdiri dari 2 yaitu taktik dan
strategi individu dan kelompok/tim. Dalam pelajaran ini kita akan menganalisi
taktik dan strategi dalam perlombaan atletik
B. Rumusan Masalah
1.
Jelaskan bagaimana cara Menganalisis Taktik dan Strategi
Perlombaan Atletik ?
2. Jelaskan bagaimana cara Merancang Taktik dan
Strategi Perlombaan Atletik ?
3.
Jelaskan bagaimana cara Mengevaluasi Taktik dan Strategi Perlombaan
Atletik ?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Menganalisis Taktik dan Strategi
Perlombaan Atletik
Atletik
merupakan aktivitas jasmani yang terdiri dari gerakan-gerakan dasar yang
dinamis dan harmonis, yaitu jalan, lari, lompat, dan lempar. Perlombaan dalam atletik memerlukan taktik dan
strategi dalam memenangkan pertandingan.
Taktik dan strategi dalam perlombaan atletik terdiri dari 2 yaitu taktik dan
strategi individu dan kelompok/tim. Dalam pelajaran ini kita akan menganalisi
taktik dan strategi dalam perlombaan atletik.
1. Menganalisis Taktik dan Strategi Perlombaan
Jalan Cepat
Dalam jalan cepat adalah dapat mengatasi jarak tertentu dengan waktu sesedikit mungkin dengan berjalan atau tidak melanggar
dalam aturan perlombaan. Taktik dan strategi yang dipakai adalah taktik dan
strategi individu. Pada perlombaan jalan cepat diperlukan taktik dan strategi
yang baik agar dapat memenangkan pertandingan. Maka diperlukan analisis yang
tepat. Diantaranya saat start, langkah, kecondongan
badan, lintasan lurus, lintasan tikungan, jarak, ayunan tangan dan fnish. Dalam
pelajaran ini kita akan menganalisis taktik dan strategi dalam perlombaan jalan
cepat.
2.
Menganalisis Taktik dan Strategi Perlombaan Lari
Lari berbeda dengan jalan karena ada saat kaki melayang di udara. Dalam lari kita memerlukan taktik dan strategi dalam
memenangkan perlombaan. Hal-hal yang
diperhatikan dalam perlombaan adalah start, langkah kaki, posisi badan,
ayunan tangan dan saat fnish. maka diperlukan taktik dan strategi untuk dapat memenangkan pertandingan. Taktik dan
strategi yang digunakan ada individu
dan kelompok. Dalam pelajaran ini kita akan menganalisis taktik dan
strategi dalam perlombaan lari.
3.
Menganalisis Taktik dan Strategi Perlombaan Lompat
Lompat jauh adalah salah satu daripada cabang atletik. Lompat dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada
satu kaki untuk mencapai jarak, tinggi, dan rintangan sejauh-jauhnya,
setinggi-tingginya. Tujuan utama lompat jauh adalah melompat sejauh-jauhnya.
Dalam lompat jaut terdapat beberapa gaya yang umum dilakukan oleh para pelompat
jauh profesional yang tingkat keberhasilannya telah terukur dan teruji.
4.
Menganalisis Taktik dan Strategi Perlombaan Lempar
Taktik
perlombaan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan,
terhadap lawan dengan tujuan dalam rangka memenangkan pertandingan secara
sportif. Teknik perlombaan lempar meliputi: ayunan tangan, gerakan kaki, pelepasan, awalan. Agar kalian memahami taktik
sambil strategi perlombaan dalam perlombaan lempar, lakukanlah aktivitas
belajar berikut ini:
B. Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan Atletik
1. Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan Jalan Cepat
Merancang
taktik dan strategi perlombaan jalan cepat yang
sederhana berikut ini:
1)
Perlombaan
dilakukan secara individual.
2)
Rancanglah
taktik dan srategi jalan cepatmu agar dapat bersaing dalam perlombaan tersebut.
3)
Setelah
rancangan taktik dan strategi dibuat, lakukan perlombaan jalan cepat dengan mengikuti lintasan yang telah
ditentukan gurumu sebanyak 10 putaran
4)
Pejalan cepat
yang dapat menyelesaikan waktu tercepat adalah pemenang
5)
Lakukan
perlombaan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas,
kerjasama, toleransi, dan disiplin.
2. Merancang Taktik dan Strategi
Perlombaan Lari Cepat
Merancang
taktik dan
strategi perlombaan lari yang sederhana berikut ini:
1)
Perlombaan
dilakukan secara individual.
2)
Rancanglah taktik dan srategi lari cepatmu agar dapat bersaing dalam perlombaan tersebut.
3)
Setelah rancangan taktik dan strategi dibuat, lakukan perlombaan lari cepat dengan mengikuti lintasan yang telah ditentukan
gurumu.
4)
Pelari yang
dapat menyelesaikan waktu tercepat adalah pemenang.
5)
Lakukan perlombaan itu
dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas,
kerjasama, toleransi, dan disiplin.
3. Merancang Taktik dan Strategi
Perlombaan Lompat
Merancang
taktik dan
strategi perlombaan lompat yang sederhana lompat berikut ini:
1. Perlombaan lompat dilakukan secara individual.
2. Rancanglah taktik dan strategi yang dapat dilakukan
agar mendapat
3. lompatan yang paling baik.
4. Setelah rancangan
taktik dan strategi
lompat tersusun, maka
5. perlombaan dilakukan dengan satu persatu pelompat
melakukan
6. lompatan sebanyak 2 kali.
7. Pelompat yang melakukan lompatan terjauh dinyatakan
pemenang.
8. Lakukan
perlombaan itu dengan
sungguh-sungguh sambil
9. menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi,
dan disiplin.
4. Merancang Taktik dan Strategi
Perlombaan lempar
Merancang
taktik dan strategi perlombaan lempar yang sederhana
berikut ini:
1)
Peganglah cakram
atau lembing masing-masing
2)
Rancanglah
taktik dan strategi lemparan agar diperoleh jarak yang terbaik.
3)
Setelah
rancangan tersusun, lakukanlah perlombaan melempar cakram atau lembing dengan
cara satu persatu pelempar sebanyak masing-masing 2 kali atau sesuaikan dengan
keadaan alat dan lapangan yang ada di sekolah.
4)
Lemparan yang
terjauh dalam 2 kali kesempatan menjadi lemparan terbaik.
5)
Pelempar yang
melakukan lemparan terjauh dinyatakan pemenang.
6)
Lakukan
perlombaan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas,
kerjasama, toleransi, dan disiplin.
C. Mengevaluasi Taktik dan
Strategi Perlombaan Atletik
1. Mengevaluasi Taktik dan Strategi Perlombaan Jalan Cepat
Taktik
dan strategi
yang dilakukan saat melakukan perlombaan sebagai berikut:
1)
Amati dan
perhatikanlah temanmu yang sedang melakukan jalan cepat.
2)
Siapkanlah lembar penilaian penampilan jalan cepat untuk diri sendiri dan temanmu dengan format sebagai berikut:
NO 1 2 3 ... |
NAMA SISWA |
GERAKAN START |
KESERASIAN LANGKAH KAKI DAN TANGAN |
SIKAP BADAN DAN GERAKAN MELEWATI FINISH |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
............. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor :
4= Penampilan Baik
3= Penampilan Cukup
2= Penampilan Kurang
1= Penampilan Kurang Sekali
3)
Lakukan penilaian terhadap penampilan dirimu sendiri dan temanmu ketika melakukan perlombaan jalan cepat.
4)
Diskusikan hasil
penilaianmu dengan teman-temanmu dalam satu kelompok.
5)
Kemukakan hasil diskusi penilaianmu kepada teman lain dalam satu kelas.
6)
Berikan saran perbaikan berdasarkan hasil evakuasi pada temanmu.
2. Mengevaluasi Taktik dan Strategi Perlombaan Lari Cepat
Setelah
kalian menganalisis dan merancang taktik perlombaan lari cepat, selanjutnya
kalian harus dapat menilai penampilan berlomba diri sendiri dan teman dalam
menerapkan taktik dan strategi perlombaan yang
dilakukan saat melakukan perlombaan lari cepat. Lakukan aktivitas belajar
berikut:
1)
Amati dan perhatikanlah temanmu yang sedang melakukan lari cepat.
2)
Siapkanlah lembar penilaian penampilan lari cepat untuk diri sendiri dan temanmu dengan format sebagai berikut:
NO |
NAMA SISWA |
GERAKAN START |
KESERASIAN LANGKAH KAKI DAN TANGAN |
SIKAP BADAN DAN GERAKAN MELEWATI FINISH |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
... |
............. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor :
4= Penampilan Baik
3= Penampilan Cukup
2= Penampilan Kurang
1= Penampilan Kurang Sekali
3)
Lakukan penilaian terhadap penampilan dirimu sendiri dan temanmu ketika melakukan perlombaan lari cepat.
4)
Diskusikan hasil
penilaianmu dengan teman-temanmu dalam satu tim.
5)
Kemukakan hasil diskusi penilaianmu kepada teman lain dalam satu kelas.
6)
Berikan saran perbaikan berdasarkan hasil evakuasi pada temanmu.
3. Mengevaluasi Taktik dan
Strategi Perlombaan Lompat
Setelah
kalian menganalisis dan merancang taktik perlombaan lompat, selanjutnya kalian
harus dapat menilai penampilan berlomba diri sendiri dan teman dalam menerapkan
taktik dan strategi perlombaan lompat yang dilakukan saat melakukan perlombaan.
Lakukan aktivitas belajar berikut:
1)
Amati dan
perhatikanlah temanmu yang sedang melakukan jalan cepat.
2)
Siapkanlah
lembar penilaian penampilan lompat untuk diri sendiri dan temanmu dengan format
sebagai berikut:
NO 1 2 ... |
NAMA SISWA |
LARI AWALAN DAN MENUMPU PADA PAPAN |
GERAKAN BADAN, KAKI, DAN TANGAN |
GERAKAN MENDARAT |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
............. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor :
4= Penampilan Baik
3= Penampilan Cukup
2= Penampilan Kurang
1= Penampilan Kurang Sekali
3)
Lakukan penilaian terhadap penampilan dirimu sendiri dan temanmu ketika melakukan perlombaan lempar sederhana.
4)
Diskusikan hasil penilaianmu dengan teman-temanmu dalam satu tim.
5)
Kemukakan hasil diskusi penilaianmu kepada teman lain dalam satu kelas.
6)
Berikan saran perbaikan berdasarkan hasil evakuasi pada temanmu.
4. Mengevaluasi taktik dan
strategi perlombaan lempar
Setelah
kalian menganalisis dan merancang taktik perlombaan lempar, selanjutnya kalian harus dapat menilai penampilan berlomba diri
sendiri dan teman dalam menerapkan
taktik dan strategi perlombaan yang dilakukan saat melakukan perlombaan.
Lakukan aktivitas belajar berikut:
1)
Amati dan
perhatikanlah temanmu yang sedang melakukan lempar.
2)
Siapkanlah
lembar penilaian penampilan lempar untuk diri sendiri dan temanmu dengan format
sebagai berikut:
NO 1 2 3 ... |
NAMA SISWA |
AWALAN LEMPAR |
ARAH LEMPARAN |
GERAKAN AKHIR LEMPARAN |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
............. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor :
4= Penampilan Baik
3= Penampilan Cukup
2= Penampilan Kurang
1= Penampilan Kurang Sekali
3)
Lakukan penilaian terhadap penampilan dirimu sendiri dan temanmu ketika melakukan perlombaan lempar.
4)
Diskusikan hasil penilaianmu dengan teman-temanmu dalam satu tim.
5)
Kemukakan hasil diskusi penilaianmu kepada teman lain dalam satu kelas.
6)
Berikan saran perbaikan berdasarkan hasil evakuasi pada temanmu.
BAB III
KESIMPULAN
Strategi
adalah siasat yang dilakukan sebelum, saat dan sesudah perlombaan dilaksanakan, sedangkan taktik ialah siasat yang dikerjakan
pada saat perlombaan. Pemain yang
baik dalam melakukan taktik perlombaan akan membawa pada kemenangan, sedangkan taktik dan strategi yang kurang baik
dalam perlombaan akan berakibat pada kekalahan.
DAFTAR PUSTAKA
Buku BSE Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.,2015. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan / Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta