BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Banyaknya sampah yang berserakan di ingkungan sekolah, khususnya di dalam ruangan kelas yang diakibatkan oleh banyaknya siswa yang belum sadar akan pentingnya kebersihan. Apabila hal ini tidak di tangani secara serius maka akan menimbulkan masalah bagi kelangsungan proses belajar mengajar,baik dari segi kesehatan,keindahan maupun kenyamanan,dan yang sangat penting adalah segi kesehatan,karena yang di khawatirkan dari adanya sampah tersebut adalah timbulnya wabah penyakit.
1.2 Rumusan Masalah
Pokok permasalahan dari rumusan karya tulis ilmiah ini adalah bagaimana cara untuk menanggulangi masalah siswa yang membuang sampah di sembarangan.
1.3 Tujuan penelitian
Penelitian ini diharapkan agar semua siswa dapat menyadari betapa pentingnya arti kebersihan dan sekaligus dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian sampah
Sampah adalah sesuatu yang tidak terpakai dan dianggap sesuatu yang tak bernilai.
2.2 Macam –macam sampah
a.
Berdasarkan zat kimia yang terkandung didalamnya
1. Sampah Organik
contoh dedaunan yang kering
2. Sampah non organik
Contohnya botol plastik bekas minum
b.
Berdasarkan dapat tidaknya terurai
1. sampah yang mudah terurai contoh : kulit pisang
1. sampah yang tidak mudah terurai contoh : plastik bekas makanan ringan
2.3 Sumber-Sumber Sampah
1. Pemukiman penduduk
2. Tempat umum dan tempat perdagangan
3. Sarana layanan masyarakat milik pemerintah
4. Industri berat dan ringan
5. Pertanian
2.4 Solusi
Kita dapat mengolah sampah melalui cara memperbaiki memakai ulang maupun daur ulang. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat mengurangi produksi sampah rumah tangga dengan cara meminimalkan pemakaian jantong plastik.
BAB III
METODE PENELITIAN
Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan salah satu sampel dari sebuah populasi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Barabai kelas X H yang berjumlah 28 orang siswa pada jam waktu istirahat.
Dari 28 orang siswa ada 2 orang yang tidak dapat melaksanakan tugas piket kebersihan yaitu :
1. Erni Tasya Miranti
2. Zulfatah Hanapi
Dari 28 orang siswa ada 1 orang yang sering membuang sampah sembarangan yaitu Jamilah.
BAB IV
ANALISA DATA
4.1 Deskripsi Data
Dari penelitian yang dilakukan di SMAN 3 Barabai pada kelas X H yang berjumlah 28 orang siswa dapat disimpulkan bahwa tingkat kesadaran akan kebersihan lingkungan kelas cukup tinggi meskipun masih ada beberapa orang yang kurang sadar akan kebersihan lingkungan sekitar.
4.2 Uji Hipotesis
Dilihat dari hasil penelitian pada kelas X H dengan tingkat kebersihan tinggi
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Lingkungan kelas merupakan wadah siswqauntuk belajar jika lingkungan kelas kotor maka aktivitas belajar mengajar akan terganggu, tapi jika para siswa aktif dalam gerakan pembersihan lingkungan kelas dan para guru ikut serta membantu dan mendukung tindakan tersebut maka akan tercipta lingkungan kelas yang bersih
5.2 Saran
Apabila terdapat siswa yang masih acuh akan kebersihan diri dan lingkungannya hendaknya temannya memberikan penjelasan atau paling tidak guru kelasnya menghkum murid tersebut agar dia sadar betapa pentingya kebersihan diri dan lingkungan disekitarnya.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.rezafrahmawannr.blogspot.com. Wawancara Kelas X dan XI SMAN 1 Wanayasa.