Sunday, 10 April 2016

KUMPULAN DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI, MAKALAH, PTK


DAFTAR PUSTAKA

Anita Lie (Herdian, S.Pd). Fungsi dan Prinsip Model Make-A Match (Online) (http://herdy07.wordpress.com/2009/04/29) (diakses 05 Mei  2014)

Dimyati, dkk, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne. (The Conditions of Learning. 1977). Pengertian Belajar (Online) (http://belajarpsikologi.com/pengertian-belajar-menurut-ahli/) (diakses diakses 05 Mei  2014)

Hamalik. (1994:116). Fungsi dan Prinsip Model Make-A Match (Online) (http://Tarmizi.Wordpress.Com/2008/12/03/pembelajaran-kooperatif-make-a-match) (diakses 05 Mei  2014)

Lie. (2003:30). Pengertian Model Make-A Match (Online) (http://Tarmizi.Wordpress.com/2008/12/03/pembelajaran-kooperatif-make-a-match/) (diakses 05 Mei  2014)

Lie. (2003:30). Peran Guru dan Siswa dalam Model Make-A Match (Online) (http:/pbsindonesia.fkipuninus.org/media.php?module=detailmateri&id=97) (diakses 05 Mei  2014)

Muhammad Faiq Dzaki. Langkah-Langkah Model Make-A Match (Online) (http://penelitian.tindakan.kelas.blogspot.com/2009) (diakses 05 Mei  2014)

Rianto. (2007:11). Fungsi dan Prinsip Model Make-A Match (Online) (http://herdy07.wordpress.com/2009/04/29) (diakses 23 Januari 2012)

Sudjana, Nana.. (1998). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Tarsito

Slavin, Robert E. 1982. Cooperative Learning : Teory, Research, and Practice, Boston, MA: Ally and Bacon.

Suharsimi, dkk. 2008.Penelitian Tindakan Kelas.jakarta : Bumi Aksara

 W.S. Winkel Prinsip-prinsip, Pembelajaran Efektif, Ciamis: Famili Publishers

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara

Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kegiatan Belajar Mengajar yang efektif, Jakarta: Depdiknas, 2003

Ensiklopedi IPTEK/Ensiklopedi Sains untuk Pelajar dan Umum. 2004. Bumi-Ruang dan Waktu. Jakarta: PT. Lentera Abadi.

Dimyati, dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta.

Miles M.B dan Huberman A.M. 1997. Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.

Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif-Naturalistik Dalam Pendidikan. Yokyakarta. Usaha Keluarga.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. PetunjukPelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka

Miles  Huberman. 1997.Analisis Data Kualitatif: buku tentang sumber metode-metode baru. Jakarta. UI-Press.

Mulyasa, E.2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep; Karakteristik dan Implementasi. Bandung : P.T. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, Enco, 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Cet, Ke-8

Moedjiono.1991. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, Ngalim, M, 1986, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung : Rosda Karya

Roestiyah. 1998.Strategi Belajar Mengajar dalam CBSA.Jakarta: Rineka Cipta.

Sadirman, Interaksi dan motifasi belajar mengajar, PT. Raja Grafindo Persada Jakarta 2001

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sardiman, A.M. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo

S. Nasution, 1996, Metode Research, Bandung: Jemmars.

Tim Bina Karya Guru, 2006. Pendidikan Kewarganegaraan : Penerbit Erlangga

Winkel 1996, Oxford Advanced Learner’s Dictionary Of Current English, Oxford Univercity Press.

Winkel, WS (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. PetunjukPelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka

Miles  Huberman. 1997.Analisis Data Kualitatif: buku tentang sumber model -model  baru. Jakarta. UI-Press.

Mulyasa, E.2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep; Karakteristik dan Implementasi. Bandung : P.T. Remaja Rosdakarya.

Moedjiono.1991. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Roestiyah. 1998.Strategi Belajar Mengajar dalam CBSA.Jakarta: Rineka Cipta.

Sadirman, Interaksi dan motifasi belajar mengajar, PT. Raja Grafindo Persada Jakarta 2001

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sardiman, A.M. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo

Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif-Naturalistik Dalam Pendidikan. Yokyakarta. Usaha Keluarga.

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Arikunto, Suharsimi.  2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Moedjiono dan Dimyati, M. (1992/1993). Strategi Belajar Mengajar . Jakarta:   Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Lee, W.R.  1985. Language Teaching Games and Contests. London: Oxfortd University Press.

Melvin, L. Siherman........... Aktif Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.

Riduawan. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Feneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusyan, A. (1996). Metode Pembelajaran. Jakarta: PT Amanah Duta.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-aasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sukmadinata, Nana Syaodih  Metodc Penelitian Pendid'kan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumantri, M. d. (1998/1999). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek PGSD.

Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.

Supriatna, N. d. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.

Weed, Gretchen, E. 1971. Using Games in Teaching Children. ELEC Bulletin No. 32. Winter. Tokyo. Japan.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Algifari. 2000. Analisis Regresi Teori, kasus dan solusi. Yogyakarta:BPFE.

Ali, Mohammad. 1984. Penelitian Kependidikan Prosedur Dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Anni, Chatarina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakrta: Rineka Cipta.

Dalyono, M dan TIM MKDK IKIP Semarang. 1997. Psikologi Pendidikan. Semarang. IKIP Semarang Press.

Darsono, Max. 2000. Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dimyati dan Mudjiono. 1994. Balajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Djamarah, syaiful Basri. Drs. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Hadi, Sutrisno. 1998. Metodologi Research.Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.

Hamalik, Oemar. 2003. Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta Bumi Aksara.

Nashar, Drs. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Natawijaya, Rohman. 1979. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prindo Jaya.

Sardiman, A.M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Grafindo Persada.

Sardiman, A.M. 1989. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Grafindo Persada.

Soemanto, Wasty. 2003. Psikologi Pendidikan. Malang: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2001. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung: TARSITO.

Sudjana, Nana. 1996. Dasar-dasar Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Tahalele, J.F. 1978. Cara mengajar Dengan Hasil Yang Baik. Bandung: CV. Diponegoro.

 

DAFTAR PUSTAKA

Abimanyu, Soli dkk. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Nasional.

Asma, Nur. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta ; Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Darmodjo, Hendro (1992), Pendidikan IPA. Jakarta : BP2 GSD-Dirjen Dikti.

Nawai, Hadari (1991). Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gadjah Mada Perss.

Samatowa, Usman (2006), Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Sugihartono, et al. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Perss.

Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Sumantri, 2005, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta, Universitas Terbuka.

Wardani I.G, AK, 2004, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Universitas Terbuka

Suparno, Mohamad Yunus, 2008, Ketrampilan Dasar Menulis, Jakarta,

Universitas Terbuka.

Syamsudin Yusuf, 2007, Bina Bahasa dan Sastra Indonesia, Jakarta, Erlangga.

Djauzak Ahmad, 1992, Didaktik/Melodik Umum, Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan, Jakarta.

Djauzali Ahmad, 1993, Metodek Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD

Tahun 1993.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Anonim.1980. Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan. Jakarta : Depdikbud.

Amien, Moh. 1987. Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dengan

Menggunakan Metode “Discovery” dan “Inquiri”. Jakarta : Dekdikbud.

Arikunto, Suharsimi. 1991. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi

Aksara

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang

Press

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains

Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Fisika. Jakarta : Depdiknas.

Dimyati, dan Mudjiono. 1994. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Depdikbud.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara. Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika SMP untuk kelas VIII semester 2. Jakarta:Erlangga.

Koes H, Supriyono. 2003. Strategi Pembelajaran Fisika. Bandung : JICA

Memes, Wayan. 2000. Model Pembelajaran Fisika di SMP. Jakarta : Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah Depdiknas.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Sardiman, A. M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrasindo Persada.

Sudjana, Nana. 1989. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Suherman, Erman. 1990. Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung : Wijayakusumah

Suryosubroto, B. 2002. Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Tim Penelitian Program Pascasarjana UNY. 2004. Pedoman Penilaian afektif. Yogyakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan menengah

Direktorat pendidikan lanjutan Tingkat Pertama. Usman, Uzer. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : Rosda Karya

 

 

DAFTAR KEPUSTAKAAN

.

Suciati, dkk, ( 2003 ) Belajar Dan Pembelajaran 2, Jakarta:

Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Suplemen GBPP SMU 1999 Pendidikan Kewarganegaraan,

Kurikulum 2004

Undang-Undang Dasar 1945 ( amandemen )

Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar,

an Konsep Umum & Konsep Islami, PT Refika Aditama,

Bandung 2007

Pengembangan Kompetensi Pendidikan Kewarganegaraan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) 2006

Wahyudin, Dinn, Supriyadi. D, Abdulhak, Ishak ( 2003 ). Pengantar

Pendidikan. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wardani, I G. A. K; & Julaeha, Siti ( 2003 ). Panduan PKM

Lanjutan. Jakarta Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wardani, I G. A. K; Wihardit, K; & Nasoetion, N. ( 2004 ).

Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan

Universitas Terbuka

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, H. Rozali, dan Syamsir, 2002, Perkembangan Hak Asasi Manusia dan

Keberadaan Peradilan Hak Asasi Manusia di Indonesia, Jakarta, PT. Ghalia Indonesia

Affan Gaffar, 2002, Politik Indonesia, Transisi menuju Demokrasi, Jogjakarta, Pustaka

Pelajar

Alfian, 1980, Politik, Kebudayaan dan Manusia Indonesia, Jakarta, LP3ES

Anonim, 1993, Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 50 tahun 1993 tentang

Kominsi Nasional Hak Asasi Manusia

, 2006, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006 tentang

Standar Isi, Jakarta

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta,

Bina Aksara

Asshiddiqie, Jimly, 2005, Format Kelembagaan Negara dan Pergeseran Kekuasaan dalam

UUD 1945, Jogjakarta, FHUII Press

BP7 Pusat, 1995, UUD 1945, P4, GBHN, Bahan Penataran P4, Jakarta, BP7 Pusat

Budimansyah, Dasim, 2002, Model Pembelajaran dan Penelian Portofolio, Bandung, PT.

Genesindo

Budiardjo, Prof. Miriam, 1995, Dasar-Dasar Ilmu Politik, Jakarta, Gramedia

Depdiknas, 2006, Standar Kompetensi Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan tahun

2006, Jakarta, Depdiknas

Gabriel A. Almond dan Sidney Verba, 1984, Budaya Politik, Jakarta, Bina Aksara

Kaelan, MS, 2004, Pendidikan Pancasila, Jogjakarta, Edisi reformasi, penerbit Paradigma

Lemhanas, 2001, Pendidikan Kewarganegaraan., Jakarta, Gramedia Pustaka Umum

Magnis-Suseno, Franz, 200, Etika Politik, Prinsip-Prinsip Moral Dasar Kenegaraan

Modern, Jakarta, Gramedia

Malian, Sobirin dan Marzuki Suparman, 2003, Pendidikan Kewarganegaraan dan Hak

Asasi Manusia, Jogjakarta, UII Press

Republik Indonesia, Undang-undang No. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia

Tilaar, HAR, et, al, Dimensi-Dimensi Hak Asasi Manusia dalam Kurikulum Persekolahan

Indonesia, Bandung, PT. Alumni

 

 

Abin Syamsuddin Makmun, (1996), Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem

Pengajaran Modul, Bandung : Rosdakarya.

Asmawi Zainul, (2001), Alternative Assesment, Jakarta : Depdiknas.

Collin, Gillian & Dixon Hazel, (1991), Integrated Learning Planned Curriculum Units,

Australia : Bookshelf.

Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Ilmu Sosial Sekolah Dasar, Puskur

Balitbang Depdiknas, Jakarta , 2001

Kurikulum Berbasis Kompetensi, Juni 2002, Puskur balitbang Depdiknas.

R. Fraenkel, Jack, (1980), Helping Students Think Value Strategies for Teaching Social

Studies, New Jersey : Prentice-Hall.

S. Hamid Hasan, (1996), Pendidikan Ilmu Sosial, Jakarta : Depdiknas.

S. Kenworthy, Leonard, (1981), Social Studies For The Eighties, Canada : John Wiley

&S

ons.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT. RadjaGrafindo Persada,

1996).

Finger dan Asun, Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa, (Yogyakarta: Pustaka

Kendi, 2004), hal. 20.

Nasution, Tehnologi Pendidikan, PT. Bumi Angkasa, Jakarta,1982.h.110.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Teknologi Instruksional. Jakarta:

Ditjen Dikti, Proyek Pengembangan Institusi Pendidikan Tinggi.

Prof. Dr. Nasution, MA. Dalam bukunya yang berjudul Tehnologi Pendidikan 1982

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu, Ahmad Rohani. 1990. Pengelola Pengajaran, Jakarta: Reneka Cipta.

Depdikbud, 1983. Dinamika Kelompok. Jakarta.

Depdikbud, 1993. Kurikulum Pendidikan Dasar, Jakarta: Depdikbud.

Kesumawati, Nila. 1996. “PR untuk melatih keterampilan siswa sebagai suatu usaha

untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang studi Matematika”.

Bulletin STKIP – PGRI. No. 23. Tahun V.

Nasution. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bina

Aksara.

Roestiyati, NK. 1985. Didaktik Metodik, Jakarta: Bina Aksara.

Sriyono. 1992. Metode Mengajar, Jakarta: Gramedia.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Anonim,2004,Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar,Jakarta :

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga

Kependidikan .

Anonim,1999,Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta : Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan

Anonim,2007,Pedoman Bantuan Langsung (Block Grant) Pelaksanaan

Penelitian Tindakan Bagi Pengawas Sekolah SMA/SMK, Jakarta :

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu

Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Anonim,2005,Undang-Undang Republik Indonesia Tahun

2005,Jakarta,Tentang Guru dan Dosen, Cemerlang Jakarta.

Anonim,2008,Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan sekolah(School

Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah

SMA/SMK, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral

PMPTS.

Basuki,Wibawa,2003,Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta : Departemen

Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah

Direktorat Tenaga Kependidikan.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1996, Pedoman Pengelolaan

Gugus Sekolah, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah,

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Proyek Peningkatan Mutu SD,

TKdan SLB Jakarta.

______,1997,Pedoman Pelaksanaan Sistem Pembinaan Profesional Guru

Sekolah Dasar Melalui Gugus Sekolah, Direktorat Jendral Pendidikan

Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Dasar.

Departemen Pendidikan Nasional, 2001, Manajemen Berbasis Sekolah,

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Taman

Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar.

______,2003,Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003

Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Biro Hukum dan Organisasi

Sekretariat Jendral Departemen Pendidikan Nasional.

______,2003,Kamus Pelajar SLTP,Balai Pustaka

______,2004,Panduan Penilaian Kinerja Sekolah Dasar, Direktorat Jendral

Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Taman Kanak-Kanak dan

Sekolah Dasar.

______,2004,Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah, Direktorat Jendral

Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Taman Kanak-Kanak dan

Sekolah Dasar.

______,2006,Kumpulan Materi Perbekalan Profesi Bagi Jabatan

Fungsional Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah, Dalam Penulisan

Karya Tulis Ilmiah,Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan

Tenaga Pendidikan,Direktorat Tenaga Kependidikan.

______,2007,Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka

______,2008,Pedoman Pendampingan Penelitian Tindakan Sekolah

(School Action Research) Bagi Pengawas Sekolah SD dan SMP,

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga

Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan.

______,2008,Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Sekolah(School Action

Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah

SMA/SMK, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga

Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan.

______,2008,Laporan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Karya Tulis

Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah

Bacaan Pendulung Pada Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Tindakan

Sekolah Bagi Pengawas Sekolah, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu

Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan.

IGAK Wardhani, dkk, 2007, Penelitian Tindakan Kelas, Universitas

Terbuka.

______,2007,Teknik Menulis Karya Ilmiah, Universitas Terbuka.

Suharsimi Arikanto, Prof dan Suharjono Prof, Supardi; Prof, 2006,

Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara.

 

 

Aqim, Zaenal, Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Media, 2007. 12

Arikunto, Suharsimi, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Bakkidu, N., “Strategi Pembelajaran Membaca Pemula di Kelas 1 SDN Se-Kecamatan

Mariso Kotamadiyah Ujung Pandang.” Tesis Tidak Diterbitkan Malang: PPS UM.

1996.

Davies, I.K. Pengelolaan Belajar. Penerjemah Sudarsono S. dkk. Jakarta: Rajawali dan

PAU-UT, 1987.

Degeng, I Nyoman Sudana, Strategi Pembelajaran: Mengorganisasi Isi dengan Model

Elaborasi, Malang: IKIP Malang dan IPTPI, 1997.

----------, Ilmu Pengajaran: Taksonomi Variabel, Jakarta: Dikti dan P2LPTK, 1989.

----------, dan Yusufhadi Miarso. Desain Pembelajaran: Teori dan Terapan, Malang: FPS

IKIP Malang, 1993..

Djiwandono, Sri Esti, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Gramedia, 2007.

Hasibuan, M.S.P., Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: Gunung Agung,

1996.

Kristian, “Pengaruh Metode Mengajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perolehan

Pelajaran Ilmu Ukur Tanah.” Tesis tidak diterbitkan, Malang: IKIP Malang, 1995.

Latif, M Adnan, Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Bahasa Inggris, Jurnal Ilmu

Pendidikan. 2003, Jilid 10, nomor 2.

Masrun, dkk., Validitas tes SPM Sebagai Alat Pengukur Kecerdasan Pelajar-Pelajar

SMA, Yogyakarta: Jurnal Psikologi, Fakultas Psikologi UGM, 1975.

Mc. Clelland, Dc., The Achievement Motives, New York: Harper and Row Publishers,

1967.

Reigeluth, M.C., & Merrilm M.D. A Knowledge Base For Improving Our Methods of

Instruction, Educational Psychologist, 1979, 13.

Suryabrata,Sumadi, PsikologiPendidikan. Jakarta: Rajawali, 1981.

Winn. W. The Meaningful Organization of Content: Research and Design Strategies.

Educational Technology. (1981). 218.

Wiriaatmaja, Rohiyati, Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2007.

 

DAFTAR PUSTAKA

15

Arikunto, Suharsimi, 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta : Renika Cipta

............................... 2006. Standar Kompetensi Bahasa Indoensia, Jakarta.

Hanif Nurcjolis, Saya Senang Berbahasa Indonesia Untuk Kls v SD, Jakarta,

Erlangga.

IGAK Wardhani, 2007. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta : Universitas

Terbuka .

....................... LKS Permata Bahasa Indonesi SD Kls V , jakarta. Surya

Badra

Nasution, 1982. Berbagi Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta

: Bina Aksara.

TIM FKIP, 2009,. Pematapan Kemampuan Profesional, Jakarta : Universitas

Terbuka. Erlangga

TIM TAP FKIP, 2009 . Panduan Tugas Akhir Program Sarjana FKIP,

Jakarta : Universitas Terbuka.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Bandono. 2008. Menyusun Model Pembelajaran CTL. http://bandono.web.id.

Diakses 1 Desember 2009.

Cahyanti, Sari Nur. 2007. Proses Hidrolisis Pati oleh Enzim á-amilase sebagai

Sumber Belajar Materi Pencernaan Karbohidrat di SMA. Skripsi. (Tidak

diterbitkan)

Winarsih, Ani dkk. 2008. IPA Terpadu VII. Jakarta : PT. Bengawan Ilmu.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Anita Lie. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia , 2005

Arikunto, Suharsimi. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen PMPTK.

Kemmis, S. dan Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Deakin:

Deakin University.

Mulyana, Slamet.2007. Penelitian Tindakan Kelas Dalam

Pengembangan

Profesi Guru. Bandung: LPMP.

Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan

Implementasi. Bandung : Remaja Rosda karya.

Suhardjono et.al. 2005. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Bidang

Pendidikan Dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru.

Jakarta: Dirjen Dikgu dan Tentis.

Stringer, R. T. 1996. Action research: A handbook for practitioners. London

International Educational and Profesional Publisher.

Wibawa, Basuki. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas

Dirjen Pendasmen Dirtendik: 2003.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Departemen Pendidikan Nasional.2006.Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

E.S,Kasihani Kasbolah.1998.Penalitian Tindakan kelas.Malang : Departemen

Pendidikan dan kebudayan.

Karim,Muchtar A.1996.Pendidiakn matematika I.Malang : Departeman

Pendidikan dan Kebudayaan

Sumantri,Mulyani dan John Permana.1998.Strategi Pembelajaran.Jakarta :

Departeman Pendidikan dan Kebudayaan

Wijaya, Basuki.1991.Media Pengajaran Malang : Departemen Pendidikan

dan Kebudayaan

Wardani,I.G.A.K, Siti Julaeha, M.A., Pemantapan Kemampuan Profesional

Jakarta, Universuitas Terbuka

Van De Walle, J.A. ( 1990 ). Elementary School Mathematics : Teaching

Developmentally. New York : Longman.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Anggoro, M. Toha., dkk. 2007. Metode Penelitia, Jakarta : Universitas Terbuka.

Badan Nasional Standar pendidikan, 2006. Kurikulum Tingkat Sauan pendidikan

Tingka SD, MI, dan SD-LB, Jakarta : BNSP.

Fajariyah Nur dan Arif Al Rasyid. 2006. Cerdas Berhitung Matematika Untuk SD

Kelas V, Surakarta : penerbit Grahadi.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hera Lestari mikarsa, pH.D, Agus taufik, Drs. M.P. Puisi Lestari Prianto Drs.

M.Psi. Pendidikan Anak di SD. Jakarta : Puasat Penerbit UT.

Muhsetyo, Gatot, 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas

Terbuka.

Munadir. 1996. Kondisi Belajar dan teori Pembelajaran, Jakarta : Universitas

Terbuka.

Suprayekti, dkk. 2008. Pembaharuan Pembelajaran di SD, Jakarta : Universitas

Terbuka.

Tim FKIP. 2008. Pemantapan kemampuan Profesional, Jakarta : Universitas

Terbuka.

Andayani, dkk. 2009. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas

Terbuka.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Bandono. 2008. Menyusun Model Pembelajaran CTL. http://bandono.web.id.

Diakses 1 Desember 2009.

Cahyanti, Sari Nur. 2007. Proses Hidrolisis Pati oleh Enzim á-amilase sebagai

Sumber Belajar Materi Pencernaan Karbohidrat di SMA. Skripsi. (Tidak

diterbitkan)

Winarsih, Ani dkk. 2008. IPA Terpadu VII. Jakarta : PT. Bengawan Ilmu.

Sari Nur Cahyanti, S.Pd WWW.KLIKEDUKASI.COM

 

Daftar Pustaka

Haryanto dan H.M.Akib Hamid ( 2004 ) Statistik Dasar Universitas Terbuka,

Jakarta.

Tim Bina Karya Guru, 2006. Pendidikan Kewarganegaraan : Penerbit Erlangga

Tim KTSP SDN 019 Pasir Belengkong, KTSP 2006, Paser

Wardani, dkk.2003. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Universitas Terbuka

23

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Djamarah, S.B dan A. Zain. 2002. “Strategi Belajar Mengajar”. Jakarta :

Rineka Cipta

Dewey, J. 2004. “Experience and Education : Pendidikan Berbasis

Pengalaman”. Jakarta : Teraju

Arikunto, S. 1998. “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek”.

Jakarta : PT Rineka Cipta

 

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto Suharsimi, 1997, Dasar-dasar evaluasi pendidikan, Jakarta : Bumi

Aksara.

Depdikud,1990, Petunjuk pelaksanaan proses belajar mengajar, Jakarta:

Depdikub.

Dimyati, dkk, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar, 2002, Pendidikan Guru, Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgana Endi, 1985, Statistika Untuk Penelitian, Bandung : CV Permadi.

Purwanto M. Ngalim, 1990, Psikologi Pendidikan, PT. Remaja

Rosdakarya.

Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta :

Kalam Mulia

Rusyana, Adun, 2003, Prinsip-prinsip, Pembelajaran Efektif, Ciamis:

Famili Publishers

Sumiati, 2008, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima.

Hakim, Lukmanul, 2008, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : CV. Wacana

Prima

Hamalik, Oemar, 2007, Psikologi Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru

Algensindo.

Arikunto, Suharsini, 2001, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta Bumi

Aksara.

Hadi, Amirul, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung : CV. Pustaka

Setia.

Subowo, 1995, Biologi Sel, Bandung: Aksara.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Dwi Juniati, Sukahan. 2004. Matematika Kelas 6 SD, Balai Pustaka.

Taufik Hidayat. 2004. Titian Mahir Matematika SD Untuk SD Kelas 6, Jakarta;

Fisindo Media Persada.

----------. 1993/1994. Pedoman Analisis Hasil Evaluasi Belajar. Depdikbud. Dirjen

Dikdasmen

Ali, Muhammad H. 1992. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung; Sinar

Baru

Herry Hernawan, dkk, Asep. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran.

Jakarta; Universitas Terbuka.

 

DAFTAR PUSTAKA

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Sinar Baru Algesindon.

34

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara

Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.

RajaGrafindo Persada.

Combs. Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teachers.

Allin and Bacon, Inc. Boston.

Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk

Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka

Dimyati, dan Moedjiono mujiono Belajar Dan Pembelajaran 1994. Depdikbud.

Jakarta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:

Rineksa Cipta.

Felder, Richard M. 1994. Cooperative Learning in Technical

Corse, (online), (Pcll\d\My % Document\Coop % 20 Report.

Gagne.1985, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grafindo

Persada, Jakarta.

Gunarso Arif 1993., Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta; PT. Raja

Grafindo Persada.

Hadi, Sutrisno. 1981. Metodogi Research. Yayasan Penerbitan

FakuLearning Togetheras Psikologi Universitas Gajah Mada.

Yoyakarta.

Hakim Thursam.2000. Metode-metode Mengajar, Bandung : Angkasa

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya

Bakti.

Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

35

Hasbullah, 1994."Dasar-dasar Ilmu Pendidikan", PT. Raja Grafindo Persada,

Jakarta,

Hudya.1988 Srategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Kartono.1995 Strategi Belajar Mengajar,, Universitas Terbuka. Jakarta.

Kartono, 1995, Pendidikan dan Masyarakat, Yogayakarta ,CV. Bina Usaha

Muhibbin.1999. Mengembangkan Bakat Dan Kreatifitas Anak Sekolah: Petunjuk

Bagi Para Guru dan Orang Tua. Gramedia. Jakarta.

Mukhlis2000., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta

Muray, 1990, Teori Motivasi dan Aplikasinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta

M. Ngalim Purwanto, 1986. Psikologi Pendidikan, , PT Remaja Rosdakarya-

Bandung.

Nasution, 1995, Pegembangan Kurikulum, Bandung: PT. Citra Aditya Bhakti

Purwanto, Ngalim, M, 1986, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung :

Rosda Karya

Sardiman, A.M. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo

Slameto.2003. Proses Belajar Mengajar, Bumi aksara, Jakarta.

Sudirman, N. Ilmu Pendidikan. Rajawali Roskanda;Bandung.

Sugiarti,Titik 1997 Motivasi Belajar, Cerdas Pustaka, Jakarta.

Syah, Muhibin.1999. Psikologi Belajar, Bandung, PT Logis wacana ilmu

Syah, Muhibbin, 1999. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung:

Remaja Rosda Karya.

S. Nasution, 1996, Metode Research, Bandung: Jemmars

Winataputra,udin. 2007. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo

Winkel 1996, Oxford Advanced Learner’s Dictionary Of Current English, Oxford

Univercity Press

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Anonim, Cooperative Learning. Cooperative,http//Volcano.Und.Nodak,

Edu/vwdocs/msh/is/cl.html.(8 Agustus 2005)

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara,

2002.

Armstrong, Scott, Palmer and Jesse. Student Team Achievment Division (STAD) in a

Twelfth Grade Classroom: Effect on Student Achievment and Attitude. Journal

of Social Studies Research/4/1/2000/Armstrong, Scoot.

Aronson, Elliot. The Jigsaw Classroom, Web Site Copyright 2000-2006, Social

Psycology Network.

Tersedia : http://www.jigsaw.org (13 Juli 2006)

Cooper, Robert. Improving Intergroup Relation: Lessons Learned From Cooperative Learning Programs, Journal of Social Issues, 12/22/2000/Slavin, Robert. E.

Daroni. Pembelajaran Kooperatif Siswa di SLTP Melalui Model Jigsaw. Lembaran

Ilmu Kependidikan Universitas Negeri Semarang. Tahun XXXI-No. 2: 225-

241. 2002.

De baz, Theodora. The Effectiveness of The Jigsaw Cooperative Learning on

Strudent's Achievment and Attitudes Toward Science, Journal of Education,

2001

Educational Broadcasting Corporation. Cooperative Learning. 2004.

tersedia: ttp://www.thirteen.org/edonline/consept2class/coopcolab/index.html.

(Juli 2006)

Ghaith, Ghazi. Fall 2003. Effects of Learning Together Model of Cooperative

Learning on English as a Foreign Language Reading Achievement, Academic

Self-Esteem, and Feelings of School Alienation. Bilingual Research Journal,

27:3.

Hernani, dkk. Pembelajaran Kooperatif Sebagai Salah Satu Alternatif Untuk

Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa. Seminar Nasional Pendidikan

Matematika dan IPA. 2004.

Hidayat, Nandang. Pengaruh Umpan Balik Evaluasi Formatif Dan Kemampuan

Penalaran Terhadap Hasil Belajar Kimia, Jurnal Pedagogia, vol. 1 No. 1 Tahun

2004

60

Ibrahim, Nurdin. September 2001. Hasil Belajar Fisika Siswa SLTP Terbuka Tanjung

Sari Sumedang Jawa Barat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun ke 7-

No. 031: 485-501.

Johnson, David W., Jhonson, Roger T and Stanne, Mary Beth. Cooperative Learning

Method: A Meta-Analysis, Tersedia: http://www.co-operation.org/pages/clmethods.

html (6 September 2006)

Kai Hakkairanen, Jigsaw, Tersedia: http://www.articel.net/jigsaw/hakkiranen. html (13

Juli 2006)

Karuru, Predy. 2003. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Seting

Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

IPA Siswa SLTP. Tersedia:

http://depdiknas.go.id/jurnal/2003/45/Predy_karuru.htm. (3 Januari 2006)

Lie, Anita. Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-

Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002

Malabar, Sayama. Kontribusi Pendekatan Kooperatif tipe Jigsaw Terhadap

Kemampuan mengapresiasi Puisi Pada Siswa Kelas II SLTP Negeri 2

Gorontalo. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 1, Maret 2005

Maloof, Joan. Using The Jigsaw Method of Cooperative Learning to Teach From

Primary Sources. Journal of Issues, 2005/ Maloof, Joan. Fall Vol 7

Masturoh, Pengaruh Pembelajaran Cooperatif Learning Dengan model Jigsaw

Terhadap Hasil Belajar matematika, (Skripsi FITK UIN Syarif Hidayatullah

Jakarta : 2005)

Nasution, Farid. Hubungan Metode Mengajar Dosen, Keterampilan Belajar, Sarana

Belajar dan Lingkungan Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal

IlmuKependidikan. Jilid 8 , tahun 2001- No. 1. Jakarta: LPTK, 2001.

Nurhadi. Kurikulum 2004 Pertanyaan Dan Jawaban. Jakarta: PT Gramedia

Widiasarana Indonesia, 2004

Pannen, Paulina, dkk. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta: UT, 2001.

Popham, W. James. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Eva L. Baker, Jakarta: Rineka

Cipta, 2001.

Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.

61

Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kegiatan Belajar Mengajar

yang efektif. Jakarta: Depdiknas, 2003.

Sanjaya, Wina. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Jakarta: Kencana, 2005

Schniedewind, Nancy and Davidson, Ellen. Differenting: Cooperative Learning.

Educational Leadership/ September 2000

Suasti, Yurni. Desember 2003 . Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa SMU

Pembangunan UNP Melalui Modifikasi Cooperative Learning Model Jigsaw.

Buletin Pembelajaran, Vol. 26-No. 04. Universitas Padang.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada,

2001.

Sumaji. Dkk. Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius, 2003.

Suparno, A. Suhaenah. Membangun Kompetensi Belajar. Dirjen Pendidikan Tinggi

Depdiknas, 2001.

Swisher, Karen. Januari 2003. Cooperative Learning and the Education of American

Indian /Alaskan Native Students: A Review of the Literature and Suggestions

For Implementation. Journal of American Indian Education,. Vol. 29-No. 2.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan: dengan pendekatan baru. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya, 2004.

Yusuf, Kualitas Proses dan Hasil Belajar Biologi Melalui Pengajaran Dengan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Madrasah Aliyah Ponpos Nurul

Haramain Lombok Barat NTB, (Skripsi Universitas Negeri Semarang).

Tersedia: http://www.damandiri.or.id/file/yusufunsbab2.pdf ( 23 Agustus

2006)

Zuhriyah, Pengaruh Pembelajaran Cooperatif Learning Dengan Teknik Jigsaw

Terhadap Hasil Belajar, (Skripsi FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta :

2005)

 

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto Suharsimi, 1997, Dasar-dasar evaluasi pendidikan, Jakarta : Bumi

Aksara.

Depdikud,1990, Petunjuk pelaksanaan proses belajar mengajar, Jakarta:

Depdikub.

Dimyati, dkk, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar, 2002, Pendidikan Guru, Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgana Endi, 1985, Statistika Untuk Penelitian, Bandung : CV Permadi.

Purwanto M. Ngalim, 1990, Psikologi Pendidikan, PT. Remaja

Rosdakarya.

Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta :

Kalam Mulia

Rusyana, Adun, 2003, Prinsip-prinsip, Pembelajaran Efektif, Ciamis:

Famili Publishers

Sumiati, 2008, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima.

Hakim, Lukmanul, 2008, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : CV. Wacana

Prima

Hamalik, Oemar, 2007, Psikologi Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru

Algensindo.

Arikunto, Suharsini, 2001, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta Bumi

Aksara.

Hadi, Amirul, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung : CV. Pustaka

Setia.

Subowo, 1995, Biologi Sel, Bandung: Aksara.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

32

X 100

jumlah soal

Ketuntasan Individu = Jumlah soal dijawab benar

X 100 %

Jumlah seluruh siswa

Ketuntasan Klasikal = Jumlah siswa yang tuntas

Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Bagi Pengembangan Profesi Guru.

Bandung: Yrama Widya.

Baskoro. (2006). Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Dan Berpikir Kritis

Konsep Ekologi Siswa MA NW Pancor Melalui Model Inkuiri Dalam

Kelompok Kooperatif. Pancor Selong Lombok Timur NTB

Chabibah, U. (2006). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk

Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi [Versi elektronik]. Jurnal Pendidikan

Inovatif, Volume 1 (2);24-26.

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, S. (2006). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Dan Lembar

Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menemukan

Hubungan Antara Kuat Arus Dengan Beda Potensial Dan Hambatan [Versi

elektronik]. Jurnal Pendidikan Inovatif Volume 1 (2); 27-30.

Ibrahim, M. dan Nur, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa,

University Press.

Jayantri, M. (2007). Penggunaan Pendekatan Lingkungan Dengan Model

Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Kelas Xb Di SMAN 1 Bukit Batu Tahun Ajaran 2006/2007.

Skripsi, Tidak diterbitkan, Universitas Palangkaraya.

Koentjaraningrat. (2007). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia

Pustaka Ilmu.

Pannen, P. (2001). Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta: Pengembangan

UT Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Purwanto, N. (1984). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Saktiyono. (2004). IPA Biologi SMP dan MTs Jilid 2. Jakarta: Esis.

Sholehah, Z. (2004). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Keanekaragaman

Tumbuhan Di Kelas 1 MTs Islamiah Palangkaraya Tahun Ajaran 2004/2005.

Proposal Skripsi, Tidak diterbitkan, Universitas Palangkaraya.

Sudjana, N. (1998). Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

33

Sudjana, N. (1989). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Sumarwan, Sumartini, Kusmayadi, Sulastri, Priambodo. (2007). Ilmu Pengetahuan

Alam Jilid 2A Kelas VIII Semester I. Jakarta: Erlangga.

Syamsuri, Sulisetijono, Ibrohim, Rahayu. (2007). IPA Biologi Jilid 2 Untuk Kelas

VIII SMP. Jakarta: Erlangga.

Tinduh, E. (2008). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student

Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi

Pada Materi Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di Kelas

XI IPA SMA Kristen Palangka Raya Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi, Tidak

diterbitkan, Universitas Palangkaraya.

Tjitrosoepomo, G. (2001). Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Tim Penyusun. (2007). Pedoman Penulisan Skripsi. Palangkaraya: FKIP, UNPAR.

Usman, U. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wardhani, Wihardit, Nasoetion. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.