BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pengetahuan
geometri dapat mengambangkan pemahaman anak terhadap dunia sekitarnya. Tidak
hanya kemampuan tentang bangun datar, kemampuan tentang bangun ruangpun dapat
dikenalkan kepada anak usia Sekolah Dasar bahkan pada anak usia Taman
Kanak-kanak asalkan melalui pendekatan yang cocok dengan perkembangan tahap
berfikir seorang anak.
Kemampuan
bangun ruang akan membantu anak memahami, menggambarkan, atau mendekripsikan
benda-benda di sekitar anak.
Anak akan lebih
tertarik untuk mempelajari geometri jika mereka terlihat secara aktif dalam
kegiatan-kegiatan individu atau kelompok berkenaan dengan geometri
(bangunan-bangunan). Anak hendaknya diberi kesempatan untuk melakukan
inventigasi secara individu atau kelompok dengan bantuan benda-benda kongkret
di sekitar anak.
Di
makalah yang kami buat ini, menjelaskan tentang sebuah Bangun Ruang Kerucut.
Lalu pada bab Pembahasan, kita akan lebih mengenal dan memahami tentang sebuah
bangun ruang kerucut secara rinci.
B. RUMUSAN MASALAH
1.
Apa pengertin kerucut?
2.
Apa saja sifat-sifat dan jaring -jaring
kerucut?
3.
Bagaimana rumus luas permukaan dan volume
kerucut?
4.
Apa penrapan kerucut dalam kehidupan sehari
hari?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Kerucut
Kerucut
adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah sisi lengkung dan sebuah sisi
alas berbentuk lingkaran, bangun kerucut terdiri atas 2 sisi, 1 rusuk dan 1
titik sudut. Definisi kerucut lainnya yaitu merupakan bangun ruang sisi
lengkung yang menyerupai limas segi-n beraturan yang bidang alasnya berbentuk
lingkaran. Kerucut dapat dibentuk dari sebuah segitiga siku-siku yang diputar
sejauh . Di mana sisi siku-sikunya sebagai pusat putaran. Perhatikan gambar 1.
Kerucut pada gambar 1 dapat dibentuk dari segitiga siku-siku TOA yang diputar,
di mana sisi TO sebagai pusat putaran.
Pengenalan bangun kerucut bagi siswa sekolah
dasar hanya berupa identifikasi bentuk bangun bangun besserta analisis ciri-cirinya. Meskipun demikian
dalam pengenalan bangun kerucut ini siwa sering kali tidak benar- benar
memahami topik yang diberikan. Hal ini siswa tidak dikarenakan siswa tidak
mendapatkan pengalaman dalam membuat bangun ruang tersebut, melainkan hanya
dalammembuat bngun ruang tersebut, melainkan hanya pemberian materi drill
langsung.
B. Sifat-Sifat Kerucut
Kerucut memiliki beberapa sifat, yaitu :
- Kerucut merupakan bangun ruang berbentuk
limas yang alasnya berupa lingkaran.
- Jaring-jaring kerucut terdiri dari
lingkaran dan segi tiga.
- Kerucut mempunyai 2 sisi dan 1 rusuk.
- Satu sisi berbentuk bidang lengkung yang
disebut selimut kerucut.
- Mempunyai satu titik sudut.
- Memiliki satu titik puncak.
C.
Jaring jaring
kerucut
Berikut ini gambar jaring-jaring kerucut yang
rumushitung buat. Buat sobat hitung yang kesulitan mencari gambar jaring-jaring
bangun ruang tersebut semoga gambar ini bisa membantu mengatasi kesulitan
sobat. Jaring-jaring kerucut terdiri dari lingkaran sebagai alasnya dan
bangun segitiga dengan alas lengkung yang merupakan selimutnya.
D. Unsur-Unsur Kerucut
Amatilah gambar 2 di
bawah ini
Kerucut
memiliki unsur-unsur sebagai berikut :
- Bidang alas, yaitu sisi yang berbentuk
lingkaran (daerah yang diraster) dengan pusat di titik O.
- Diameter bidang alas (d), yaitu ruas garis
AB.
- Jari-jari bidang alas (r), yaitu ruas
garis OA dan ruas garis OB.
- Tinggi kerucut (t), yaitu jarak dari titik
puncak kerucut C ke pusat bidang alas O, yakni ruas garis CO.
- Selimut kerucut, yaitu sisi kerucut yang
tidak diraster yang merupakan bidang lengkung.
- Apotema atau garis pelukis (s), yaitu sisi
miring BC.
E. Luas Permukaan Kerucut
Perlu kita ketahui
bahwa, permukaan kerucut terdiri dari dua bidang, yaitu bidang lengkung
(selimut) dan bidang alas berbentuk lingkaran. Untuk lebih jelasnya perhatikan
uraian berikut.
Jika kerucut di atas
diiris sepanjang garis CD’ dan keliling alasnya, maka akan diperoleh
jaring-jaring kerucut seperti pada gambar 3. Jaring-jaring kerucut ini terdiri
atas :
1.
Juring lingkaran CDD’, yang merupakan selimut
kerucut.
2.
Lingkaran dengan jari-jari (r) yang
merupakan sisi alas kerucut.
Misalnya panjang apotema
adalah (s) dan jari-jari lingkaran alas adalah (r). Selimut kerucut merupakan
juring lingkaran berjari-jari (s) dengan panjang busur DD’ merupakan keliling
lingkaran alas kerucut yaitu 2πr.
· Dengan demikian kita peroleh rumus luas selimut
kerucut sama dengan luas juring CDD’.
· Luas permukaan kerucut = Luas selimut + Luas
alas
Contoh Soal :
Sebuah kerucut mempunyai jari-jari lingkaran alas 7 cm
dan tinggi 24 cm.
Tentukanlah :
a. apotema atau garis pelukisnya
b. luas selimut kerucut
c. luas
seluruh permukaan kerucut
Jawab :
s2 =
r2 + t2
=
72 + 242
=
49 + 576
=
625. jadi s = 25 cm
Luas seluruh permukaan kerucut
=
pr ( r + s )
=
p x 7 x ( 7 + 25 )
=
7p x 32
=
224p cm.
Luas selimut kerucut = prs
=
p x 7 x 25
=
175p cm2
F. Volume Kerucut
Pada
dasarnya kerucut merupakan limas karena memiliki titik puncak sehingga volume
kerucut sama dengan volume limas, yaitu kali luas alas kali tinggi. Oleh
karena itu karena alas kerucut berbentuk lingkaran maka luas alasnya adalah
luas lingkaran.Dengan demikian, volume kerucut dapat dirumuskan sebagai
berikut.
Dengan :
r = Jari-jari lingkaran
alas
t = Tinggi kerucut
Contoh Soal :
Tentukan volume kerucut yang berdiameter 40 cm dengan
tinggi 27 cm
Jawab :
Volume kerucut
= 1/3 pr2 t
=
1/3 p(40/2)2 x 27
=
3600p cm3
G. Penerapan
kerucut dalam kehidupan sehari hari
Dalam sekeliling kita banyak kita jumpai benda-benda yang berbentuk kerucut seperti es contong,corong untuk menuangkan bensin pada motor, topi ultah, terompet, pengeras suara, tumpeng dan lain-lain.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Kerucut
adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah sisi lengkung dan sebuah sisi
alas berbentuk lingkaran, bangun kerucut terdiri atas 2 sisi, 1 rusuk dan 1
titik sudut. Definisi kerucut lainnya yaitu merupakan bangun ruang sisi
lengkung yang menyerupai limas segi-n beraturan yang bidang alasnya berbentuk
lingkaran.
Kerucut memiliki beberapa sifat, yaitu :
1. Kerucut merupakan bangun ruang berbentuk limas yang alasnya berupa lingkaran.
2. Jaring-jaring kerucut terdiri dari lingkaran dan segi tiga.
3. Kerucut mempunyai 2 sisi dan 1 rusuk.
4. Satu sisi berbentuk bidang lengkung yang disebut selimut kerucut.
5. Mempunyai satu titik sudut.
6. Memiliki satu titik puncak.
B. SARAN
Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan, karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Kami berharap para pembaca memberikan kritik dan saran kepada kami supaya kami dapat memperbaiki makalah kami dan agar di kemudian hari kami tidak mengulangi kesalahan kami. Semoga makalah ini berguna bagi kami dan para pembaca juga.
DAFTAR PUSTAKA
Modul matematika 3 LAPIS PGMI
Rumus matematika lengkap
Heruman.model pembelajaran matematika.(bandung:PT.Remaja Rosdar Karya:2007)
https://mywrite3.wordpress.com/2014/01/06/matemmatika/
http://rumushitung.com/2013/04/01/jaring-jaring-kerucut-rumushitung/